Cara Membersihkan Lantai Parket

Cara Membersihkan Lantai Parket– Lantai parket adalah jenis lantai yang terbuat dari potongan-potongan kayu asli yang di susun sedemikian rupa untuk membentuk permukaan lantai yang indah dan tahan lama. Kayu yang umum di gunakan untuk membuat parket antara lain oak (ek), walnut (kenari), maple (mapel), dan berbagai jenis kayu lainnya yang memiliki keindahan alami dan kekuatan yang cukup untuk digunakan sebagai lantai.

Seperti lantai kayu, lantai parket sangat tahan lama dan cukup mudah di rawat. Faktanya, Anda dapat memolesnya sendiri tanpa harus mencari bantuan dari para profesional. Setelah Anda mempelajari prosedur yang tepat tentang cara melakukan pemolesan parket DIY, Anda dapat dengan mudah memastikan lantai Anda tetap murni dan tahan lama. Perlu di ingat bahwa beberapa lantai parket modern tidak memerlukan pemolesan karena sudah di-wax menggunakan poliuretan. Namun, untuk sebagian besar lantai parket, Sangat penting untuk melakukan pernis dan pemolesan parket secara teratur.

Memoles lantai parket Anda sendiri menghemat biaya tenaga kerja yang seringkali mahal mengingat pemolesan lantai parket adalah proyek padat karya. Selain itu, memakan waktu cukup lama. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang harus Anda ikuti saat memoles lantai parket Anda sendiri.

Cara Membersihkan Lantai Parket

1.Kosongkan Tempat Anda

Langkah pertama dalam pemolesan parket DIY adalah kosongkan semua barang di ruangan termasuk karpet dan furnitur. Menjaga ruangan berventilasi baik dengan membuka jendela juga di anjurkan karena meningkatkan proses pengeringan. Selain itu, membantu menyegarkan udara dengan menghilangkan bau menyengat yang dihasilkan oleh lilin yang di aplikasikan.

Baca Juga : Cara Membersihkan Lantai Granit Dengan Mesin Polisher

2.Menyedot Debu Lantai Anda

Menyedot debu lantai parket Anda, sekarang saatnya untuk membersihkannya dengan cairan chemical. Sebelum melakukannya, pastikan untuk membaca instruksi dari pabrik untuk menentukan apakah chemical kompatibel dengan lantai Anda. Jika tidak, bisa berakhir menimbulkan kerusakan berat yang harus di perbaiki oleh vendor pemolesan lantai.

3.Hilangkan Noda lantai

Banyak orang memiliki lantai parket dengan noda gelap atau bintik-bintik yang di sebabkan oleh kotoran dan tumpahan yang tidak disengaja dan mengendap. Untuk menghilangkannya, yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan larutan cuka yang kemudian harus Anda bersihkan dengan selembar kain bersih di ikuti dengan kain lembut. Jika Anda tidak menemukan noda atau bintik-bintik di lantai Anda, maka tidak perlu di bersihkan dengan cuka.

4.Oleskan Chemical Wax Di Lantai Anda

Pada tahap ini, Anda dapat menerapkan lilin akrilik berbasis air/ pelapis parket. Pastikan untuk dioles secara merata dan menutupi seluruh area seperti yang Anda lakukan saat melakukan pemolesan kayu. Perhatikan bahwa pelapis terdiri dari berbagai bahan yang mengering untuk membentuk penutup permukaan sebagai pelindung yang kuat. Lapisan pelindung inilah yang membuat lantai parket tahan air. Biasanya, lilin yang di aplikasikan tidak berbau dan bisa memakan waktu sekitar satu hingga tiga jam untuk mengering secara permanen.

5.Tahap Poles lantai

Sekarang, Pelapis Anda sudah kering secara permanen. Yang perlu Anda lakukan pada tahap ini adalah mendapatkan selembar kain lembut bersih untuk memoles seluruh area. Pastikan untuk memoles area secara menyeluruh. Anda dapat menggunakan mesin poles lantai atau secara manual dengan kain lembut sehingga Anda dapat membuat lantai parket Anda bersinar lebih cepat.

Saat ini, pemolesan parket dapat di lakukan dengan cepat karena ada berbagai alat pemoles yang tersedia. Jika Anda membutuhkan waktu yang cepat untuk memoles lantai parket Anda, jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan poles lantai terbaik di kota Anda.

Cara Membersihkan Lantai Parket
Kelebihan Lantai Parket

Kelebihan Lantai Parket

Lantai parket merupakan salah satu pilihan populer ketika memilih jenis lantai untuk rumah atau ruangan Anda. Di buat dari potongan kayu yang di susun secara artistik, lantai parket memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya di minati oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa kelebihan lantai parket yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik:

1. Estetika yang Menawan

Lantai parket memberikan tampilan yang elegan dan hangat pada ruangan. Kehangatan warna dan pola kayu alami dapat meningkatkan estetika dan nilai visual dari ruangan Anda.

2. Kuat Menjaga Kualitas Terbaik

Di bandingkan dengan lantai keramik atau vinyl, lantai parket cenderung lebih tahan lama dan mudah di perbaiki. Dengan perawatan yang baik, lantai parket dapat bertahan bertahun-tahun tanpa perlu penggantian.

3. Mudah Di bersihkan dan perawatan

Lantai parket cenderung mudah di bersihkan. Cukup dengan menyapu atau mengvakum secara teratur dan menggunakan pembersih khusus kayu, lantai parket dapat tetap terlihat segar dan bersih.

4. Fleksibilitas Pemasangan

Lantai parket dapat di pasang dengan berbagai pola, mulai dari pola zigzag hingga pola sirip ikan. Hal ini memberikan kesempatan kreatif bagi pemilik rumah untuk menyesuaikan desain ruangan sesuai dengan preferensi mereka.

5. Alergi-friendly

Bagi mereka yang menderita alergi, lantai parket merupakan pilihan yang baik karena tidak menahan debu, bulu hewan peliharaan, atau kotoran lainnya seperti karpet.

6. Menambah Nilai Properti

Investasi dalam lantai parket dapat meningkatkan nilai properti. Lantai parket merupakan fitur yang di cari oleh banyak pembeli karena memberikan kesan mewah dan tahan lama.

Dengan menggabungkan keindahan, daya tahan, kebersihan, dan nilai estetika, lantai parket menjadi pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang menginginkan lantai yang indah dan fungsional untuk rumah mereka. Jika Anda mencari solusi lantai yang elegan dan tahan lama, lantai parket bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lihat Juga
Mesin Poles Karcher Low speed
Cara Bersihkan Lantai Granit dengan Mesin Polisher

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *