cara merawat selang vacuum cleaner beserta komponen lainnya

Selang vacuum cleaner adalah salah satu komponen yang sangat penting pada mesin penyedot debu. Tanpa adanya selang, kamu tidak akan bisa memakai vacuum cleaner untuk membersihkan ruangan atau keperluan lainnya, sebab berfungsi sebagai  saluran hisap debu yang ada pada vacuum cleaner. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dalam memakai selang vacuum cleaner, termasuk perawatannya. Berikut cara merawat selang vacuum cleaner dan komponen lainnya di bawah ini :

Memakai Nozzle yang Sesuai

terhindar dari penyakit kulit

Pada umumnya, sebuah alat yang dipakai sesuai fungsi vacuum cleaner akan lebih bertahan lama dibandingkan dengan alat yang digunakan sembarangan. Begitu juga  dengan alat penyedot debu. Agar vacuum cleaner tetap awet dan bertahan lama, terutama pada bagian selangnya, pakailah nozzle atau mulut selang yang sesuai. Saat kamu membeli sebuah vacuum cleaner, tentu ada aksesoris beberapa nozzle tambahan dengan kegunaannya masing-masing.

Baca Juga : Vacuum Cleaner ini Cocok Untuk Area Pabrik Industri

Pakailah nozzle sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misal, crevice nozzle yang berbentuk pipih di gunakan untuk menghisap debu pada bagian sudut-sudut sempit yang susah di jangkau seperti sela-sela sofa. Berbeda dengan nozzle yang berbentuk sikat seperti dusting brush yang lebih cocok di gunakan untuk menyikat.

Cara merawat selang vacuum berikutnya adalah dengan membersihkan kantong debu secara berkala. Kelihatannya memang tidak berhubungan langsung, namun sebenarnya kebersihan kantong debu sangat memengaruhi performa selang. Kantong debu yang kelebihan muatan (overload) akan membuat selang tersumbat. Jika tidak segera di atasi, sumbatan tersebut dapat merusak bagian dalam selang.

Untuk itu, pastikan Anda membersihkan selang  secara berkala. Jika kantong sudah terlihat hampir penuh, segera lepas dari badan mesin dan keluarkan isinya. Apabila pori-pori permukaan kantong debu sudah terlihat melebar, segera ganti dengan yang baru. Kantong debu dengan pori-pori lebar tidak akan dapat memisahkan partikel debu secara optimal.

bu. Dengan seperti ini, akan mencegah partikel asing masuk ke selang. Partikel asing yang dengan ukuran terlalu besar di khawatirkan dapat menggores bagian dalam selang dan dapat menimbulkan kerusakan selang.

Pemakaian Vacuum Cleaner Sewajarnya

vacuum cleaner

Walaupun vacuum cleaner sudah semakin berkembang dan canggih untuk memudahkan kerja manusia, bukan berarti kamu dapat menggunakannya secara sembarangan. Hindari pemakaian vacuum cleaner dalam durasi yang terlalu lama dan tidak wajar. Direkomendasikan untuk pemakaian vacuum cleaner dalam durasi 60 menit, terutama untuk vacuum cleaner jenis Home & Garden.

Sebab pemakaian yang berlebihan di khawatirkan akan membuat mesin vacuum cleaner mengalami overheat atau panas berlebih. Overheat dapat menyebabkan kerusakan keseluruhan komponen vacuum cleaner jika dibiarkan terlalu lama, termasuk bagian selang vacuum cleaner. Jika memang Anda perlu menggunakan vacuum cleaner lebih dari 60 menit, pastikan untuk memberikan jeda istirahat selama kurang lebih 10 menit sebelum menggunakannya kembali.

Bersihkan Kantong Debu Secara Teratur

Cara merawat selang vacuum cleaner selanjutnya yaitu dengan membersihkan bagian kantong debu secara teratur. Kelihatannya memang tidak berhubungan langsung, namun sebenarnya kebersihan kantong debu sangat memengaruhi performa selang. Kantong debu yang kelebihan muatan (overload) akan membuat selang tersumbat. Jika tidak segera di atasi, sumbatan tersebut dapat merusak bagian dalam selang.

Untuk itu, pastikan Anda membersihkan selang vacuum cleaner secara berkala. Jika kantong sudah terlihat hampir penuh, segera lepas dari badan mesin dan keluarkan isinya. Apabila pori-pori permukaan kantong debu sudah terlihat melebar, segera ganti dengan yang baru. Kantong debu dengan pori-pori lebar tidak akan dapat memisahkan partikel debu secara optimal.

Lepaskan Komponen Sebelum Disimpan

Jika kamu tida menggunakan vacuum cleaner di rumah setiap hari, simpanlah di area yang kering, bersih, dan tertutup. Hal ini agar menghindari kotoran masuk kedalam komponen vacuum. Lepasnkan komponen bagian luar penyedot debu sebelum menyimpannya. Lepaskan nozzle, selang, dan kabel dari body mesin, kemudian di simpan di tempat yang aman.

Demikian cara merawat selang vacuum cleaner beserta komponen lainnya. Dengan perawatan rutin, alat penyedot debu di rumah pasti akan lebih awet dan terjaga performanya. Kamu masih bingung memilih vacuum cleaner untuk lingkunan industri ? DistributorResmiKarcher hadir untuk jual vacuum cleaner karcher , produsen pembersih bertekanan tinggi asal Italia. Ayo beli sekarang!

Baca Juga :